PEMASARAN ONLINE

Pemasaran online pada Industri Barang dan Jasa



Industri barang dan jasa adalah industri yang mengalami perubahan yang cepat dan siklus hidup produk yang pendek. Selain itu, industri barang dan jasa memiliki persaingan yang hebat. Sebagai akibatnya, teknologi yang digunakan pun juga berubah. Sekarang ini, teknologi pada industri memakai teknologi standard terbuka.

1. Standard Pemasaran Online dalam Produk Barang Dan Jasa
Strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sbuah perusahaan. Dalam kaitannya dengan barang dan jasa, kita akan membahas mengenai strategi pemasaran bagi usaha kecil yang bergerak di bidang produksi.

a. Memanfaatkan program afiliasi
Jika kita ingin membuat para blogger, selebgram auat pihak-pihak berpengaruh lain untuk mengiklankan produk kita, kita bisa menggunakan program bernama "Program Afiliasi". Program afiliasi adalah program dimana kita bisa memberikan tracking URL  kepada pihak-pihak yang kita inginkan. Ketika komisi dari penjualan barang dan jasa kita.

Banyak produsen barang dan jasa memilih metode program afiliasi karena sama sama menguntungkan bagi kedua belah pihak. Bagi kita (produsen), kita tidak perlu membayar para pengiklan tersebut bayaran langsung agar mereka mau mengiklankan produk yang kita buat. Bagi para pihak pengiklan. mereka akan mendapatkan jumlah uang yang besar jika mereka mampu merekrut banyak konsumen.
Kita Bisa membuat program afiliasi melalui website yang kita buat sendiri. Jika kita masih belum mampu membuat program afiliasi, berikut adalah website yang dapat berfungsi sebagai pihak yang membantu membuat program.
 Sharesale.com
Cj.com
Idevaffiliate.com (custom installatiion)
Cake.com
b. Metode dropship
dropship adalah sebuat teknik pemasaran dimana penjual tidak menimpan stok barang. Dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsugn meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/suppolier/produsen.
Berikut cara yang dapat ditempuh bagi produsen produk barang dan jasa agar bisa sukses dalam menerapkan metode dropship.

1. Metode Blindship
Dropship jenis Blindship adalah metode dropship dimana produsen tidak mencantumkan label produk yang dibuat.

2. Dropshiping dengan mencantumkan nama label
Mencantumkan label pada produk dapan menambah kepercayaan konsumen dan pihak perantara (dropshipier). dengan cara mencantumkan label merupakan cara yang ampuh bagi mereka yang masih mulai dalam membangun perusahaan penyediaan perangkat keras.

Komentar